Monday, October 17, 2011

Pangkalpinang, dari Udara

Saya kembali diminta menjadi pemateri pelatihan dari Makmal Pendidikan lagi. Jika saat ke Papela di Rote Timur, Maret lalu, saya mengantarkan materi Ceruk Ilmu, kali ini saya bersama Ibu Evi Affifah membawa bundel materi "Paradigma Baru Pendidikan Indonesia", di SDN 40 Kacang Pedang, Pangkalpinang, di pulau timah Bangka, Provinsi Bangka Belitung.

Pertama kali terbang ke Bangka! Antusias juga dengan penugasan ini, karena berharap bisa sedikit menengok "pulau sebelah" yang tahun2 belakangan ini lebih ngetop seiring dengan meledaknya buku Laskar Pelangi, yaitu Belitung, hehe... Kami berangkat dari Bogor pagi buta, Selasa 12 Oktober 2011, lalu terbang dari Bandara Soekarno-Hatta sekitar pukul 10.30 WIB, dan mendarat di Bandara Depati Amir, Pangkalpinang beberapa saat sebelum tengah hari.

Seperti biasa, saya minta wiindow seat, agar bisa mengambil foto awan dan pemandangan tempat tujuan dari udara.

Awan di atas Pulau Bangka yang penuh 'kolong' bekas galian timah

Kelokan sungai di Pulau Bangka

Jalan utama Pulau Bangka berselimut debu pertambangan timah

Mendekat ke Pangkalpinang

Sungainya... terlihat penuh endapan begitu, ya?

Begitu mendarat, kami mencari taksi untuk menuju lokasi pelatihan di daerah Kacang Pedang. Tarif taksi dalam kota ternyata dipukul rata, jauh dekat limapuluh ribu rupiah. Agak berputar2 karena pak supir taksi kurang paham alamat tujuan kami, akhirnya kami sampai dengan selamat di SDN 40 Pangkalpinang, yang sedang direnovasi dengan bantuan PT Trakindo Utama.


Di darat, kota Pangkalping tidak jauh berbeda penampakannya dengan Bogor. Hanya terasa lebih panas dan berdebu. Di mana-mana jalan-jalan kota diselimuti debu dari hasil penambangan timah, sehingga dari udara terlihat keemasan seperti Eldorado #tidak nyambung #abaikan :)

Pelatihan bagi para guru SD di Pangkalpinang itu baru dilaksanakan esok harinya, Kamis 13 Oktober 2011. Dibuka oleh Kepala Sekolah SDN 40, beberapa pejabat berwenang dari kanwil Depdiknas kota Pangkalpinang ikut hadir. Demikian juga perwakilan dari PT Trakindo Utama.

Pembukaan pelatihan oleh Ibu Kepala SDN 40 PKP

Sambutan dari Bapak Jony, perwakilan PT Trakindo Utama.


No comments:

Post a Comment