Tuesday, March 8, 2011

SDN 1 Papela, Rote Timur

Sesuai pembicaraan di bulan Juli 2010, bulan ini saya melaksanakan amanah menjadi salah satu "trainer" untuk menyebarkan aplikasi Ceruk Ilmu dari Makmal Pendidikan LPI. Perjalanan saya kali ini adalah ke salah satu sekolah beranda dampingan Makmal di Pulau Rote, pulau paling selatan Indonesia di Provinsi NTT.

Sekolah Beranda sendiri merupakan program Makmal untuk mengusahakan pemerataan pendidikan berkualitas baik bagi sekolah2 dasar di pulau2 terdepan Indonesia. Kalau mau tahu lebih lengkap tentang Sekolah Beranda dan program-program Makmal lainnya, silakan cek di situs www.lpi-dd.net :)

Nah, sekolah beranda yang saya kunjungi di Rote adalah SDN 1 Papela, di kawasan Rote Timur. Letaknya tidak jauh dari pelabuhan Papela, karena  memang kampung Papela itu bisa dibilang kampung nelayan. Perjalanan sampai ke Papela, ada di cerita bagian lain. Di sini saya akan berbagi kisah tentang sekolahnya.

Sekolah ini dipimpin oleh Ibu Istini, S.Pd, wanita kelahiran Madiun, Jawa Timur. Pagi ini sebelum memulai pelatihan bagi para guru, terlebih dahulu saya didaulat untuk memperkenalkan diri di hadapan para siswa, dari kelas 1 hingga kelas 6. Mungkin untuk mempermudah pihak sekolah untuk memberi penjelasan kepada para siswa dan orangtuanya, mengapa pula dua hari ini para siswa diminta belajar di rumah, yaitu karena bapak dan ibu guru akan belajar bersama Ibu Vera yang datang dari Jakarta, hehe...



Begitulah, saya memperkenalkan diri, sekaligus memohon maaf karena kedatangan saya di Papela ini membuat para siswa selama dua hari tidak belajar di sekolah ("Horeeee... Libuuuurr!" seru para siswa). Setelahnya saya minta bapak dan ibu guru berfoto bersama, kemudian semua berdoa, dan pulanglah para siswa ini. Mengenai bagaimana pelatihan hari pertama ini, biarlah saya ceritakan besok lagi.

Jauh2 ke Rote Timur, saya juga ikutan foto di papan nama sekolahnya. Biar eksis, hehehe... Narsis sedikit boleh dong :p


Sampai jumpa besok! :)

3 comments:

  1. ma, aku liat foto mu lho.... ma aku anak mu

    ReplyDelete
  2. Mba'...sekarang Tien yg tinggal di Papela..Sukses selalu yak..!!

    ReplyDelete
  3. Assalamu'alaikum mba' vera....

    Saya coba search papela di Mbah Google, eh..dapat blog ini..

    Sekarang beta yg tinggal disini....
    Sangat mengenal foto2 di atas..ehhe....^_^,
    Sukses selalu yak...!

    ReplyDelete