Saturday, July 30, 2011

Komik "Kemerdekaan Indonesia"

Belajar di kelas tahun ajaran ini sudah mulai! Minggu pertama yang lalu, di kelas IPS kami mulai dengan -seperti biasa- pretest. Biar kebayang oleh para siswa baru di kelas 2 ini, macam apa nanti pelajaran yang akan mereka hadapi selama setahun ke depan bersama saya :).


Pretest sudah diperiksa bersama-sama para siswa, sekalian belajarlah. Hasilnya pun... demikianlah, namanya juga pretest, hehe... Tidak ada KKM diberlakukan untuk tes kali ini, karena tidak lulus pun tidak masalah. Rata2 siswa baru mencapai 50 persen dari nilai maksimal. Semoga di akhir semester bisa nilai maksimal, tentunya.


Nah, di minggu kedua kemarin, kami masuk materi Persiapan Kemerdekaan Indonesia. Dari dijatuhkannya bom atom di Jepang oleh Sekutu, terjadinya Peristiwa Rengasdengklok, langsung digabung materi Proklamasi Kemerdekaan, hingga Pembentukan Pemerintahan RI. 


SK: Memahami usaha persiapan kemerdekaan
KD: (1) Menjelaskan proses persiapan kemerdekaan Indonesia, (2) Mendeskripsikan peristiwa-peristiwa sekitar proklamasi dan proses terbentuknya negara RI


Agar pelajaran tidak terlalu banyak memakan waktu karena materi yang disajikan lumayan banyak (dua bab), maka masing2 kelas dibagi menjadi empat kelompok. Tiap kelompok diminta untuk menyajikan materi bagiannya dalam bentuk komik yang kemudian dipresentasikan di hadapan teman2 sekelasnya.


Dimulai dari presentasi kelompok kelas 2A ya...




Ceria banget yah kelompok ini. Komik mereka mengenai Jepang yang dijatuhi bom atom oleh Sekutu. Anggotanya Juniar TP Gamgulu, Muhammad Indra Kajak, Rizky Agung Kurniawan, Fadlilah Mulyana dan M. Rizka Fadillah Badar


Berikutnya Aldi Julian, Krisna Adrian, Johan Ferdian Juno, Jajang Saputra dan Fathan Shorih, bersiap presentasi Peristiwa Rengasdengklok

Muhammad Zikri, Arzaq Tahara Fitwantyo, Fachri Umar, Firman Mursal dan Dedi Yudi Rahadi, bersiap presentasi materi Proklamasi Kemerdekaan Indonesia
Ada Abdussomad, Ahmad Fattahur Rozak, Dian Kurnia Afiandi, Muhammad Fajar dan Muhammad Robby Salam bersiap mempresentasikan Pembentukan Pemerintahan Indonesia.

Berikutnya adalah presentasi oleh siswa kelas 2B, dengan urutan kelompok sama dengan kelas 2A.


Penjatuhan Bom Atom di Jepang, oleh Muhammad Syawal, Fatqur Rohman, Mohamad Andi, Mufid Muhyiyudin, dan Yodie Ikhwana.

Peristiwa Rengasdengklok, oleh Karunia Adiyuda Dilaga, Muhammad Reza Alamsyah, Nur Kholis, Andhar Adrianto, dan Muhammad Abdul Basit


Nggak kalah ceria: Farhan Aziz, Rofi M. Nur Al-Asad, M. Iqbal Arifianto, Agung Hendayana dan Muhammad Fadhli, bercerita tentang Proklamasi Kemerdekaan Indonesia.
Kelompok "pemalu" difoto kok banyak yang menunduk :).
Dedi Lastari, Muhammad Fardin, Heri Darmanto -wajah tidak dipublikasikan-, Fitraturahman dan Muhammad Zulkifli, mengisahkan Pembentukan Pemerintahan Indonesia.



Sebenarnya ada video presentasinya juga untuk sebagian kelompok, tapi sayang belum dirapikan. Kapan2 dilihat lagi ya... :)

No comments:

Post a Comment

Post a Comment