Wednesday, March 20, 2013

Mari Menjelajah Asia Tenggara (Bagian 1)

Interpretasi peta dan bentuk muka bumi bagi siswa SMP SMART EI telah selesai! Belum semua lulus, ya, tapi nanti akan ada pemberian latihan lagi dan materi tambahan untuk yang belum tuntas.

Sekarang kita mulai lagi menjelajah kawasan Asia Tenggara, yuk! Agar penjelajahan berlangsung efektif dalam waktu relatif singkat, kira2 10 hari saja, sepuluh negara kawasan Asia Tenggara akan dikunjungi oleh grup penjelajah yang berbeda. Masing2 negara dikunjungi dan dikumpulkan datanya oleh dua, bahkan satu orang saja. Data kekhasan tiap negara itu dibawa pulang ke Parung, kembali dibagikan di dalam kelas IPS, dalam bentuk kartu permainan kuartet... :)

Mengapa "laporan" ini dibuat dalam bentuk kartu kuartet mengenai Asia Tenggara, tak lain karena ini adalah salah satu bentuk media pembelajaran yang dibantu pembuatannya oleh siswa, dan bisa dimainkan di dalam kelas tanpa membuat guru mengomel. Tambahan lagi, buat SMP SMART EI, ini adalah produk terbaru dalam belajar kawasan Asia Tenggara, setelah sebelumnya kakak2 angkatan mereka membuat brosur wisata, buku saku, dan peta kawasan.

Ini lho hasil "laporan" mereka:

Karya kuartet ASEAN 2A
Bagian belakang kuartet karya 2A

Karya kuartet 2B
Gaya serius siswa 2B mengumpulkan data di perpustakaan
Doni Septian dan Afdal Kurnia, menuangkan hasil "penjelajahan" mereka di Thailand.

Bagaimana kartu2 ini kemudian dimainkan, eh... maksudnya dibuat sebagai bahan belajar, tunggu di tulisan berikutnya, ya :)

No comments:

Post a Comment