Friday, June 5, 2009

Membuat Program Organisasi Internasional

Kalau lihat foto di samping, mungkin Anda bertanya-tanya, apa yang ditunjuk oleh para siswa ini?

Yah, kalau boleh nampang sedikit, mereka nampang secara ilmiah. Mereka memperhatikan
dan saling nenunjuk poster2 kampanye lembaga internasional. Ada poster ASEAN, ILO, IDB, UNESCO, UNDP, WHO, Uni Eropa, dan lain-lain.

Semua itu poster buatan mereka sendiri, karena ini masih materi IPS terpadu untuk kelas IX.

Standar Kompetensi: Memahami perubahan pemerintahan dan kerjasama internasional.
Kompetensi dasarnya adalah mendesripsikan kerjasama antarnegara di bidang ekonomi.

Tujuan pembelajaran kali ini secara kognitif adalah siswa mampu membedakan kerjasama-kerjasama internasional di bidang ekonomi dan menjelaskan tujuan kerjasama internasional di bidang ekonomi. Secara afektif, diharapkan siswa mampu menerima perbedaan dan bekerja sama dengan bangsa lain serta memanfaatkan peluang untuk menjalani kerjasama ekonomi internasional.

Nah... nah... kalau setiap siswa diminta menghafal latar belakang, bidang usaha serta negara2 anggota organisasi internasional tersebut, tidak akan efektif. Keterlibatan mereka kurang terhadap organisasi2 tersebut. Maklum, anak pinggiran Bogor :) Maka dalam pembelajaran saya buat mereka dalam kelompok yang terdiri dari dua orang yang harus menguasai luar dalam masing2 organisasi. Tiap kelompok harus membuat kampanye sebuah program organisasi mereka dalam bentuk poster; dipresentasikan di hadapan "warga Indonesia" (teman2 sekelas mereka) dan meminta dukungan teman2 kelas lain pada poster2 yang ditempel di muka kelas. Ya seperti foto di atas itulah...

Lucu2 sebenarnya. Bikin senyum. Karena itulah harapan siswa Indonesia pada lembaga2 internasional yang selama ini kesannya tinggiii... sekali di langit. Tak terjangkau.