Monday, March 14, 2011

Siapa Mau Oleh-oleh?

Banyak teman guru dan siswa SMART EI yang menanyakan oleh2 yang saya bawa dari perjalanan ke Rote. Karena memang hanya membawa sebungkus "kue rambut" berbahan tepung beras yang tentu saja langsung ludes beberapa saat setelah dibuka, maka banyak yang tidak kebagian sehingga tidak sungkan "meneror" saya: "Ustadzah, oleh-olehnya mana?"

Widiiiw ... sudah dua hari nih, sudah berkali2 dijawab "habis", masih ada saja yang iseng berharap dapat oleh2 dari pulau nun di selatan nusantara ini. Maka, wahai pemburu oleh2 dari Rote, nikmati saja gambar ini, oleh2 petualangan kuliner saya selama tugas negara tersebut :)















Foto atas adalah sebaskom te'owek, demikian namanya menurut orang Rote. Waktu saya tanya apa istilah bahasa Indonesia untuk makhluk ini, banyak orang Rote yang tidak paham. Saya sendiri juga mana tahu, kan saya orang kota kampungan yang jarang lihat makhluk2 laut macam ini :p. Lalu ada yang menyebutnya: bulu babi. Baiklah. Saya cek ke mbah Google, dan ada yang bilang, makhluk berduri ini jenis landak laut.

Apalah itu, yang jelas, setelah cangkang  te'owek yang durinya sebagian masih berdenyut-denyut itu dibuka dengan parang; daging tipis kuningnya dikerok dengan sendok; lalu dicampur dengan tepung bumbu; jadilah sebaskom te'owek mentah itu berubah 
menjadi sepiring (kecil) te'owek goreng tepung sebagaimana foto bawah. Sangat tidak signifikan untuk bisa "kenyang", bukan? :p

Rasanya bagaimana? Gurih sih, walau saya berprasangka jangan2 gurihnya hasil ramuan pabrik tepung bumbu pencampurnya, hehe...

Nah, kalau masih pengin mencicip oleh2 dari Rote, simpan saja gambar di atas :)

1 comment: