Wednesday, June 6, 2012

Mengunjungi "Crystal of Knowledge"

Bulan April lalu saya ikut menemani Ustadzah Detty, Ustadzah Nurhayati, Ustadzah Dini dan Ustadz Rudi membawa siswa2 kelas 4 IPA dan IPS SMART Ekselensia Indonesia melakukan kunjungan belajar ke Universitas Indonesia. Kelas 4 IPS mendapat tugas dari geografi dari Ustadzah Detty mencaritahu tentang kondisi hutan kota yang terdapat di kampus UI, juga tugas sosiologi dari Ustadzah Dini tentang kelompok sosial (eh, kalo ga salah ya...:p). Sementara tugas anak IPA adalah tugas wawancara mahasiswa Fakultas Kesehatan Masyarakat untuk pelajaran biologi dari Ustadz Rudi. Tambahan lagi dari Ustadzah Yati, baik siswa IPA maupun IPS diminta membuat artikel mengenai apa saja yang mereka temui di kampus UI.

Tugas dari saya buat mereka? Nggak ada, karena tahun ini kan saya tidak mengajar kelas 4. Peran saya dalam ekskursi hari itu adalah sebagai "pemandu" yang kalau saja tidak ada urusan legalisir ijazah, sudah cukup lama tidak menginjak kampus UI :).

Setelah beberapa siswa IPA selesai mengerjakan tugas, kami kembali ke Masjid UI untuk menunggu teman2 IPS. "Mumpung" Perpustakaan UI yang baru itu, berjuluk "Crystal of Knowledge" sudah berdiri dengan kinclongnya, maka saya sarankan pada mereka untuk berkunjung ke sana. Beruntung sekali, saat saya datang ke tempat registrasi, celingak-celinguk mencari sosok yang saya kenal, alhamdulillah, Mbak Truly, rekan goodreads saya yang maniak sekali membaca, sedang ada di meja registrasi. Beliau bilang, kunjungan dari sekolah atau institusi lain yang ingin mengenal lebih jauh fungsi dan isi Perpustakaan UI ini dipersilakan datang dan akan dipandu oleh petugas humasnya.

Gerbang bagian peminjaman koleksi Perpustakaan UI 
Pucuk dicinta Vera tiba, hehe... Saya memang pernah mengajak beberapa siswa kelas dua tepat di akhir tahun 2011 kemarin untuk mengunjungi gedung yang kami juluki "markas Power Rangers" ini. Sayangnya saat itu pintu yang kami datangi adalah pintu belakang yang terkunci. Jadi kami saat itu hanya berhasil foto2 di luar saja. Sekarang rupanya datang kesempatan bagi seluruh siswa kelas 2 untuk melihat isi gedung ini. Segera saja surat menyurat, izin mengizin (eh?), dan lain-lain diurus. Kebetulan, saya bisa mengajak guru2 bahasa Indonesia SMP, yaitu Ustadzah Retno dan Ustadz Firman untuk bergabung dalam ekskursi kami ke kampus UI pagi ini.

Dengan satu materi yang tersisa dalam pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan semester ini, yaitu tentang globalisasi, saya merancang lembar kerja mengenai Perpustakaan UI dan perannya dalam globalisasi. Agak maksa sedikit sih, tapi nggak apa2 lah. Semoga para siswa bisa kreatif dalam menjawab pertanyaan dalam lembar kerja tersebut. Sementara tugas Bahasa Indonesia adalah membuat apresiasi atas karya seni yang ada di lingkungan kampus UI.

Nah baik, tadi pagi rombongan berangkat dari sekolah. Selain saya, Ustadzah Retno dan Ustadz Firman, ada juga Ustadzah Vivi dan Ustadzah Dina mendampingi 39 siswa kelas 2 ini. Kunjungan di perpustakaan dimulai jam sembilan pagi di sebuah ruang pertemuan di lantai 5. Beberapa kisah unik bermunculan, karena belum semua siswa kelas 2 pernah merasakan masuk dan naik gedung menggunakan elevator :). Cerita lainnya menyusul besok, ya. Sekarang foto2 saja dulu... *kebiasaan buruk, jangan ditiru*

Ibu Tanti dari bagian humas menjelaskan semua tentang Perpustakaan UI

Ustadzah Dina memandu Dian mencari skripsinya di komputer pencari 

Iqbal dan kawan2 memakai ruang diskusi di lantai 4 perpustakaan

Balairung dan Danau UI dari lantai 4 perpustakaan. Di latar belakang adalah pembangunan Fakultas Kedokteran 

Praktik foto narsis dengan aplikasi PhotoBooth :)

Krisna, Agung dan Fathan menemukan koleksi "buku babon" di perpustakaan

Ustadz Firman dan para siswanya, jauh2 ke Depok kok ya cuma baca koran :p

Penjelasan tentang buku kuno dari kertas deluang di ruang koleksi buku langka

Foto narsis lagi di tembok perpustakaan


No comments:

Post a Comment