Friday, June 8, 2012

Kisah Lanjutan dari "Crystal of Knowledge"

Tulisan ini lanjutan dari pengalaman belajar siswa kelas 2 SMP SMART Ekselensia Indonesia dalam pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan dan Bahasa Indonesia di kampus Universitas Indonesia, Depok, Rabu 6 Juni 2012 lalu.
Untuk pelajaran PKN, saya menyiapkan lembar kerja berikut ini untuk diselesaikan oleh para siswa:
Ibu Tanti dari bagian Humas Perpustakaan UI menjelaskan tentang sejarah dan seluk-beluk perpustakaan yang disebut2 sebagai perpustakaan kampus terbesar di Asia Tenggara ini. Beliau kemudian dibanjiri pertanyaan dari para siswa... pertanyaan yang sebagian disampaikan dengan "muter2", tapi intinya adalah pertanyaan yang saya buat untuk dijawab para siswa di lembar kerja mereka :).

Siswa SMART mendengarkan penjelasan Ibu Tanti
Ibu Tanti menjawab pertanyaan2 dari lembar kerja untuk siswa SMART :)


Fadlilah mengisi lembar kerja.




Tapi ada juga siswa yang bertanya atas dasar keingintahuannya sendiri. Zikri ingin tahu, kalau mahasiswa UI sibuk belajar atau mengerjakan tugas, pastinya otak lama2 akan penat dengan urusan akademik. Apakah ada koleksi Perpustakaan UI yang bukan buku kuliah, yaitu koleksi2 novel atau komik yang bisa dipinjam, untuk menyegarkan otak? :p Langsung ketahuan ya, koleksi buku apa yang biasa dipinjam pehobi baca siswa SMART EI macam Zikri, hehe...
Setelah sesi tanya jawab selesai, kami diajak berkeliling ke empat lantai perpustakaan ini. 

Ibu Tanti memandu pencarian data koleksi perpustakaan 

Bergerombol bersiap menuruni tangga di lantai empat
Ruang koleksi skripsi
Sementara di luar cuaca panas terik berganti dengan saputan awan mendung, di dalam sini terasa sejuk dan agak temaram. Kami diperlihatkan cara mencari koleksi perpustakaan menggunakan komputer pencari iMac yang ada di sepanjang selasar (dan digunakan juga oleh para siswa membuat foto diri menggunakan PhotoBooth yang sudah beberapa kali mereka gunakan dengan ahlinya pada si Embi, Macbook white milik saya :p), kemudian menengok koleksi buku referensi, skripsi, bahkan ke ruang naskah langka.
Naskah kuno dari daun lontar

Ibu petugas yang ada (sayang saya lupa nama beliau, maaf ya Bu...) menerangkan dengan teliti asal-usul, cara pembuatan, jenis naskah, dan isi dari langka nusantara yang menjadi koleksi perpustakaan UI. Sebagian besar naskah2 itu ternyata adalah sumbangan dari warga negara Belanda yang sudah menyimpan ribuan naskah lainnya di negaranya sendiri. Ck...ck...ck... naskah2 kuno budaya bangsa kok ya bisa malah dilestarikan oleh bangsa asing ya? *geregetan sendiri*

Kami juga boleh melihat2 koleksi buku umum perpustakaan ini. Maksud hati para siswa SMART mencari komik atau novel, apa daya yang ditemui adalah buku2 teks kuliah untuk berbagai disiplin ilmu. Tapi namanya juga pelajar, segala buku yang ada ya dinikmati saja...

Gaya menikmati koleksi buku oleh Ustadzah Retno, Kholis dan Fathan
Fadhli dkk membuka2 koleksi buku seputar hubungan internasional 
Siswa di sayap kiri tekun mencari referensi, dan yang di sayap kanan serius mendiskusikan "arte de la guerra"
*apa pun itu maksudnya*

Eh, mumpung belum tentu bisa setahun sekali berkunjung ke perpustakaan ini, maka sesi foto2 juga jadi agenda wajib. Ustadzah Vivi juga ikut menjepretkan kameranya ke berbagai gaya siswa di dalam perpustakaan ini.

Siapa ya yang difoto di atas situ? :p
Selesai deh, kegiatan pembelajaran PKN kelas 2 di gedung Kristal Pengetahuan ini. Tapi hari masih lumayan panjang, tengah hari pun belum. Berikutnya adalah giliran pembelajaran Bahasa Indonesia dalam memberi apresiasi terhadap karya seni di lingkungan kampus UI ini. Seperti apakah kegiatan ini, akankah sama serunya dengan berkeliling di perpustakaan ini?

Huaaa... itu cerita lain. Berarti kisah hari ini masih bersambung...
Tunggulah dengan sabar *sengaja biar penasaran* :)  

No comments:

Post a Comment