Wednesday, November 20, 2013

Kemping...! Semalam di Taman Nasional Gunung Halimun Salak

"Tadinya kita kira mau menginap, zah... kan sudah pergi sampai sore..."
"Iya, kan sudah pergi jauh, capek..."
"Trus, katanya mau lihat penyu, tapi ga ada."
"Ternyata udah magrib, eh pulang ke asrama. Sampenya malam banget..."

Penggalan cerita tidak jelas beberapa tahun lalu itu masih teringat oleh saya. Para empunya cerita adalah para siswa angkatan 3 SMART Ekselensia Indonesia yang mengenang pertama kalinya mereka mengikuti kegiatan belajar lapangan alias fieldtrip di SMART EI. Saat itu, semester ganjil tahun 2007 ada tiga angkatan siswa SMART yang mengunjungi kawasan Ujung Genteng dalam rangka fieldtrip. Karena pada saat yang sama saya belum bergabung di SMART, maka belum tahu seberapa seru atau jauhnya perjalanan fieldtrip itu. Namun saya bisa menangkap kekecewaan beberapa siswa tersebut yang ingin sekali2 berkemah bersama guru dan teman satu sekolah di alam terbuka.

Waktu berlalu... Hingga tahun 2012 lalu, sebagian besar fieldtrip yang kami lakukan adalah kunjungan ke kampus atau tempat industri. Hmmm, pernah juga kami menjalankan outbond di area Jungle di kawasan Puncak, Desember 2008. Saat itu sudah lima angkatan bergabung di SMART EI, dan kekompakan antarangkatan begitu terasa. Apalagi bagi siswa angkatan 5 yang paling muda, kenangan mereka begitu mendalam, terlebih pada saat pulang bus mereka mogok di kawasan Puncak :)

Setelah tahun 2011 fieldtrip dilaksanakan di Kebun Binatang Ragunan Jakarta, dan tahun 2012 lalu mengambil lokasi di Kebun Raya Cibodas, maka tahun ini tujuan fieldtrip pun beringsut makin jauh dan lokasinya makin liar, hehe... Kawasan Taman Nasional Gunung Halimun Salak di kawasan Cidahu, yang sudah masuk Kabupaten Sukabumi menjadi tujuan kami. Dengan menempuh medan yang jauh dan berat, tidak seru bila acara fieldtrip kali ini hanya sehari di taman nasional, tanpa acara menginap alias kemping. Dukungan kanan kiri dari rekan2 guru dan kepala sekolah digalang, survei lokasi digiatkan, persiapan logistik dan akomodasi dikumpulkan, hingga akhirnya turun juga izin untuk berkemah semalam di TNGHS ini.

Yeaaaay...! Akhirnya kami kemping juga bersama2 satu sekolah! *jingkrak2 pakai sepatu balet :p

Hari keberangkatan tiba, Senin 18 November 2013. Enam buah truk sewaan dari Kopassus melaju meninggalkan Jampang menjelang pukul 6 pagi. Sempat mengalami macetnya pagi di Bogor di beberapa titik, akhirnya lima buah truk berhasil mengatasi semua tantangan untuk tiba di lokasi. Woow... woow... subhanallah... tak sedikit siswa dan guru bertasbih melihat pemandangan yang terbentang di hadapan saat turun dari truk dan menuju lokasi kemah didirikan di ketinggian sekitar 930 m dpl ini.

Pemandangan ke lembah Gunung Salak dari area kemah kami di TNGHS... subhanallah...
Satu dari empat tenda peleton yang dipakai menginap oleh 178 siswa SMART EI
Foto bareng di belakang spanduk sebelum mendaki ke Kawah Ratu
Separuh jalan menuju Kawah Ratu, sedikit mengaso dan berfoto di helipad Gunung Salak

Sampai juga di Kawah Ratu... Perjuangannya berat lho, jadi kita ambil gambar dulu :p
Mengambil air minum dalam perjalanan kembali ke kemah setelah dari kawah,
disinari matahari  di anak sungai jernih pegunungan
Walau api unggun hampir padam, semangat Renald dkk menceritakan legenda Halimun Mas tetap membara :)
Menanti sarapan sambil bercengkrama antarangkatan
Guru sekolah, guru asrama, karyawan sekolah, siswa kelas 1 hingga kelas 5, lengkap di curug ini.
Serunya kemping semalam begitu cepat berlalu...

No comments:

Post a Comment