Tuesday, June 8, 2010

Simulasi Sidang Dewan Keamanan PBB di Bogor

Kisah penyerangan tentara Israel atas kapal pengangkut bantuan Mavi Marmara ke Gaza, Palestina, pada akhir bulan Mei 2010 lalu, menjadi pembicaraan dunia. Tidak terkecuali di sekolah kami, SMART Ekselensia Indonesia. Beberapa ustadz dan siswa kelas 4 dan 5, ikut dalam aksi mengutuk kebiadaban Israel yang menewaskan empat orang sukarelawan asal Turki tersebut, di Jakarta pekan lalu.

Kami juga membahas insiden internasional tersebut di dalam kelas. Bertepatan sekali dengan pembahasan materi IPS Terpadu kelas IX mengenai Organisasi Kerjasama Internasional, maka kami mengadakan Sidang Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa-bangsa. Tanpa terlalu banyak aturan protokoler yang mengganggu, kami undang 15 negara anggota tetap DK PBB saat ini, plus negara-negara terkait, baik sebagai penyerang, sukarelawan maupun korban, untuk bersidang di tempat kami, SMP SMART EI di Parung, Bogor, Jawa Barat! Kapan sidang itu? Hari ini, 8 Juni 2010, pagi hingga siang!

Kebayang, kan, ramainya Jalan Raya Parung-Bogor siang ini? Hehehe... Memang sidang yang kami adakan hanya simulasi, namun persiapannya tidak kalah matang. Selain mencermati pemberitaan media massa semingguan terakhir, para utusan negara-negara dari angkatan 5 SMART EI ini juga bertanya pada ustadz/ustadzah lain mengenai posisi negara yang mereka wakili. Kemarin, sementara Ustadzah Vera sibuk mengisi form izin penggunaan aula, delegasi negara-negara ini sibuk pula di kamar hotel masing-masing untuk mempersiapkan identitas diri yang akan mereka gunakan dalam sidang tersebut.

Nah, kolase foto ini adalah gambaran seriusnya para calon diplomat muda ini mengadu lidah mempertahankan pendapat mereka. Kalau foto lain yang lebih seru, kapan2 saya kasih link-nya :)