Monday, June 6, 2011

Presentasi Makalah Globalisasi 2011 (Pengantar)

Agenda tahunan yang sangat perlu dilestarikan di akhir semester genap kelas 2 SMP SMART EI adalah pembuatan makalah mengenai globalisasi. Materi ini terkait dengan materi kelas IX PKN dan IPS Terpadu mengenai globalisasi dan juga kerjasama internasional.

SK: Memahami perubahan pemerintahan dan kerjasama internasional.
KD: Menguraikan perilaku masyarakat terhadap perubahan sosial budaya di era global.

Tingkat kesulitan makalah ini tentu lebih ringan dibanding pembuatan Karya Tulis Ilmiah yang ditugaskan untuk kakak2 kelas 3 atau 4. Namun kami melakukan pembiasaan dalam berpikir ilmiah, menuliskan pendapat, dan melakukan presentasi. Pembuatan makalah untuk siswa angkatan 4, tahun 2009 lalu disertai presentasi tiap siswa secara bergiliran. Masing2 siswa juga mendapat giliran menjadi pembahas dan moderator setiap sesi.

Untuk angkatan 5, tahun 2010 lalu, presentasi makalah tidak terlaksana, digantikan dengan kegiatan simulasi sidang Dewan Keamanan PBB. Namun pembuatan makalah tetap jalan, dan setelah dikumpulkan, inilah hasilnya:
Para penulis makalah dan judul2 makalahnya (#1-17)
Para penulis makalah dan judul2 makalahnya (#18-33)

Tahun ini... bikin lagi dong, untuk angkatan 6. Tapi agak deg2an sedikit, karena waktunya tinggal sebentar lagi. Tanggal 7 Juni 2011 besok akan dimulai, dan mari kita saksikan bersama-sama. Semoga sukses semua!  \(^o^)/

No comments:

Post a Comment