Tuesday, June 7, 2011

Presentasi Makalah Globalisasi 2011 (Bagian #1)

Hari ini, di kelas IPS, angkatan 6 SMART EI sudah memulai presentasi makalah mengenai globalisasi.

Pada kelas A yang dapat giliran jam pertama dan kedua, ada empat orang siswa yang menceritakan pemikiran besarnya tentang globalisasi dan kehidupan masyarakat Indonesia.



Bayu Adji Timur, dengan judul makalah "Pengaruh Makanan Asing terhadap Kesehatan Masyarakat Indonesia".

Pembahas untuk makalah Bayu adalah Aldo, yang di antaranya mengkritisi kurangnya informasi dari Bayu atas masalah kesehatan masyarakat Indonesia akibat mengonsumsi makanan asing.


Pemakalah kedua adalah Miftahul Chairi, alias Ari. Judul makalahnya adalah "Pengaruh Internet terhadap Pergaulan Remaja".

Di antara isi makalah Ari adalah pesan agar kaum muda berhati2 menggunakan internet karena sudah banyak kasus penipuan lewat media ini. Di antaranya adalah tertipunya seorang pria yang menikah dengan teman yang dikenalnya di internet. Ternyata istrinya itu, "Ica", sejatinya adalah seorang pria yang bernama Rahmat Sulistyo. Makalah Ari ini dibahas oleh Heri Darmanto. Salah satu pertanyaan Heri adalah pendapat Ari mengenai pergaulan yang bisa mendorong perkembangan homoseksualitas.


Kasman membawakan makalah "Perkembangan Komik di Indonesia"

Penelitian Kasman menyebutkan riwayat "komik" di Indonesia sejak relief di candi Borobudur hingga serbuan komik Jepang. Jaya Hadi Saputra yang menjadi pembahas, ditimpali oleh cerita dari Ustadz Haryo mengenai riwayat jagoan komik lokal macam Gundala Putra Petir yang meniru superhero Amerika.

Presentasi "Keberadaan Musik Dangdut Indonesia di Era Global", makalah dari Ahmad Rofai.

Rofai memulai presentasinya dengan cukup keren! Dia menyanyikan lagu legendaris Bang Haji Oma Irama "Darah Muda", kemudian menyambungnya dengan "Laskar Pelangi" dari Nidji. Dengan lancar, Rofai menggelar data2 yang dimiliki; termasuk menyitir pendapat Ustadz Heri Sriyanto penggemar dangdut; kemudian berargumen bahwa di kalangan anak muda, lagu dangdut sekarang sudah mulai "gulung tikar," suatu pendapat yang disanggah oleh Faisal Ibrahim. Diskusi mulai seru... sayangnya jadwal presentasi hari ini sudah berakhir buat kelas A. Kita tunggu lagi aksi mereka besok :) 

Nah, jam keempat dan kelima (diseling oleh istirahat pagi), menampilkan pemakalah dari kelas B. 


Ahmad Zuhhad Abdillah dengan makalah berjudul "Pengaruh Situs Goodreads.com terhadap Minat Baca Remaja Zaman Sekarang".

Melihat judul makalahnya, nggak usah ditanya apa hobi Zuhhad. Dengan cukup lancar, Zuhhad menunjukkan bahwa dia berhasil mengeksplorasi masalah2 minat baca kaum muda Indonesia yang katanya rendah, dan memaparkan bahwa komunitas Goodreads Indonesia punya solusi untuk mengatasinya.

(bersambung)

No comments:

Post a Comment