Sunday, October 7, 2012

Perang Antargalaksi di SMART Ekselensia Indonesia

Perang ini, awalnya lagi2 karena seorang wanita, yang kisahnya kelak akan melegenda seperti Helen dari Troya. Wanita ini berasal dari Yogyakarta. Dia lembut, baik hati dan selalu suka menolong... dan ternyata suka perang juga. Karena itulah posting blog ini lahir... . *intro yang cukup menegangkan, ya... :)

Tadinya saya hanya "menantang" Ustadzah Retno Winarsi Handayani, guru Bahasa Indonesia di SMP SMART EI, untuk sekali2 membaca cerita fiksi yang bergenre fantasi. Saat itu perpustakaan sekolah kami baru memperoleh satu eksemplar buku kumpulan cerita pendek Fantasy Fiesta 2010, hasil lomba menulis cerpen fantasi yang diadakan oleh Kastil Fantasi. Ini lomba cerpen umum yang juga diikuti oleh dua orang siswa SMART EI, Ahmad Beni dan Ahmad Romdani. Singkat cerita, buku itu akhirnya dipinjam oleh Ustadzah Retno yang biasanya hobi membaca kisah2 manis macam chicklit dan KKPK #eh :)

Beberapa minggu kemudian...

-apa?-

Oh, tidak apa2. Ternyata Ustadzah Retno telah berkolaborasi dengan Ustadzah Yati, pengajar Bahasa Indonesia juga di SMP SMART EI ini, bahwa materi penulisan cerpen untuk siswa kelas 2 tahun ini akan diminta bertemakan fantasi. Waah... pucuk dicinta kucing tiba. Teman2 Kastil Fantasi bersedia hadir untuk memberi lokakarya bagi para penulis2 muda ini. Jadwal pun diatur, spanduk dipesan, dan Ustadzah Retno pun berfoto dengan spanduk itu.

Pada hari yang ditentukan, Sabtu pagi 6 Oktober 2012, empat orang penghuni kastil berdatangan ke kampus SMART EI dari berbagai penjuru: Cileungsi, Ciledug, Mampang dan Bogor. Ada kak RD Villam, kak Klaudiani, kak Adham, dan Om FA Purawan. Setelah sesi lokakarya pertama ttg berbagi pengalaman menulis cerita fantasi, sesi kedua pun digelar. Materinya adalah membahas cerpen fantasi yang sudah dibuat para siswa peserta lokakarya. Begitu beragam cerita fantasi yang telah dibuat para siswa sebagai syarat mengikuti lokakarya ini. Ada yang berkisah tentang teman khayalan, tentang pencarian jati diri sebagai pahlawan, tentang pabrik terbengkalai yang jadi lokasi eksperimen ilmuwan sableng, hingga perang antargalaksi di masa beberapa ratus tahun mendatang.









Menjelang ashar, rangkaian lokakarya ini pun usai. Terima kasih untuk kastil fantasi dan semua calon penulis fantasi masa depan!

No comments:

Post a Comment