Saturday, March 29, 2014

Menelusuri Jakarta Lampau

Minggu, 23 Maret 2014.

Rencananya, angkatan 9 yang sekarang duduk di kelas 2 SMP SMART EI, akan mengadakan rihlah atau wisata mentoring tahun ini. Pembina asrama angkatan ini, ustad Sriyono menerima usulan agar rihlah diadakan sekaligus untuk menempa kekuatan mental para siswa, yaitu bepergian jauh dengan menggunakan angkutan umum.

Ke mana kita kemon? (simbol generasi 90an nya muncul :p)

Pergi jauh ramai2 naik angkutan umum hari minggu dari Bogor... Artinya ya naik KRL Jabodetabek ke Jakarta! Lokasi yang akan dikunjungi pun ditetapkan sekaligus sebagai sarana belajar, yaitu Museum Bank Indonesia di kawasan kota tua, Jakarta Barat. Selain sarat pengetahuan yang terkait dengan materi belajar di kelas beberapa waktu lalu, kondisi bangunan dan koleksi museum juga keren untuk nanti jadi latar foto bareng (eh?) dan juga karena berkunjung ke museum ini tidak perlu bayar, alias free alias gratuit, alias gratis! :)

Nah, nah, hari H pun tiba, dan sayangnya ada 7 dari 44 siswa yang tidak bisa ikut wisata bersama. Satu orang karena sakit, dan 6 orang teman lain ikut lomba matematika di Bogor. Ya sudah, kami pun berangkat, 37 siswa bersama saya, ustadzah Retno, dan ustad Sriyono. Seperti perjalanan kakak2 angkatan 8 di tahun 2013 lalu, kami pergi dalam kelompok2 naik angkot, lalu berkumpul di stasiun Bogor.

Saat tiba di Stasiun Bogor, KRL yang siap berangkat ternyata menuju Tanah Abang, bukan Jakarta Kota. Kami tetap menaiki kereta tersebut, dengan niat berganti kereta yang akan langsung menuju Jakarta Kota di Stasiun Manggarai. Dimulailah petualangan naik KRL Jabodetabek yang pertama kalinya bagi sebagian siswa, hehe... Terutama bagi para siswa yang selama ini lahir dan besar di luar pulau Jawa dan Sumatera, di mana moda transportasi kereta api masih merupakan hal yang ada di awang-awang. Sebagian menatap lekat2 pemandangan di luar jendela kereta yang melaju cepat, ada pula yang sengaja berdiri di dalam gerbong untuk menguji ketangguhan :) Alhamdulillah, ini hari Minggu. Gerbong kereta tidak penuh hingga membuat kami terpaksa berdiri lelah berdesak2an sepanjang jalan.


Kami naik KRL dua kali. Satu dari Bogor hingga Manggarai (foto atas), lalu dari Manggarai ke Kota (foto bawah).

Kami tiba di stasiun tujuan, Stasiun Jakarta Kota di ujung jalur. Tinggal keluar stasiun dan menyeberang jalan lewat penyeberangan bawah tanah, tibalah kami di Museum Bank Indonesia.


(bersambung. Cari foto lainnya dulu :p)

2 comments:

  1. kenapa ya naiknya dua kali? bukannya dari Bogor ada jurusan langsung ke Jakarta Kota?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sebab saat kami tiba di stasiun Bogor, kereta yang siap berangkat bukan ke Jakarta Kota, kak Kikils, melainkan ke Tanah Abang :)

      Delete