Friday, March 28, 2014

"Jangan Takut Melangkah...!"

Itulah kata2 Kak Jayadi Pide, alumni angkatan 3 SMART Ekselensia Indonesia yang pagi ini (Jumat 28/3) kami undang ke sekolah untuk menjadi guru tamu di kelas PKN SMP SMART EI.

Materinya masih mengenai Prestasi Diri, dan Kak Jayadi -saat ini menjabat sebagai Ketua Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia (BEM FKM UI)- banyak membawa cerita inspirasi bagaimana memaksimalkan potensi agar bisa berprestasi.

Kak Jayadi (foto dari laman www.facebook.com/Jayadi Pide)
Sempat agak berdebar hati ini karena guru tamu spesial ini belum muncul juga pada waktu yang direncanakan, Kak Jay -putra asli Makassar- akhirnya muncul juga dengan selamat di halaman depan sekolah, dan langsung in action!

Kak Jay bisa dibilang meneruskan materi yang sudah saya sampaikan di kelas pada siswa2 kelas 2 mengenai optimalisasi potensi diri. Memulai pemaparan dengan sejenak bernostalgia mengenai masa2 Kak Jay saat masih menjadi siswa SMART, membawa kenangan kehidupan di asrama bersama kawan2 seangkatan, kemudian Kak Jay melanjutkan kisah mengenai "kepakan sayap"-nya setelah lulus dari SMART dan menyandang status sebagai mahasiswa.

Halaman slide yang selanjutnya ditampilkan pun menayangkan sepak terjang Kak Jay saat mulai menapak penjuru Nusantara, dari Lampung hingga Makassar; dari anggota kelompok teater hingga perwakilan Universitas Indonesia dalam (semacam) rapat kerja nasional pengurus BEM Fakultas Kesehatan Masyarakat se-Indonesia.


Kak Jay dengan deretan prestasi dan jejak petualangannya.
"Kamu jangan meniru jejak saya," tutur Kak Jay pada siswa2 kelas 2 SMART EI ini. "Kamu harus membuat jejak sendiri, membangun prestasimu sendiri. Kembangkan potensimu, manfaatkan fasilitas yang ada, dan terutama waktu yang kita punya," tambahnya.


Usai pemaparan, sesi tanya jawab dimulai. Azzam, Syam'un, Vikram dan Yoga bergiliran bertanya. Mulai dari adakah harapan Kak Jay yang belum tercapai, hingga bagaimana caranya menjadi aktivis mahasiswa. Sayang, waktu belajar bersama guru tamu ini sudah selesai, hingga masih ada penanya yang belum terpuaskan. Terpaksa akhirnya harus puas dengan... foto bareng :)

Kapan2 kita belajar bersama lagi ya, Kak Jay! Terima kasih banyak atas kesediaan berbagi motivasi di SMART EI hari ini, walaupun masih menjalani UTS di kampus, hehe... Semoga kami bisa menapak sukses dan berprestasi lebih gemilang di masa depan. Amiiin ....

No comments:

Post a Comment