Wednesday, September 18, 2013

Inspirasi Hidup Bunda Pipiet Senja

Seorang yang istimewa hari ini (Rabu, 18/9) menjadi guru inspirasi kami di SMART Ekselensia Indonesia. Beliau adalah Bunda Pipiet Senja, penulis lebih dari 130 buku bacaan sejak 40 tahun lalu.
Beliau datang berbagi cerita kehidupan kepenulisan sejak masih berusia belasan tahun, dengan keterbatasan fasilitas serta penyakit thalassemia yang masih "setia" mendampingi hingga kini. Bunda Pipiet mampu membawa suasana segar bagi peserta kelas inspirasi yang terdiri dari kelas 1-3 SMP SMART EI.

Kisah tentang puisi2 pertamanya yang dimuat di majalah "Aktuil" tahun 1970 an, bisa membuat para siswa tergelak dan terpukau. Mereka tak bisa menahan tawa saat diceritakan para redaktur majalah terkejut mendapati seorang gadis muda yang sebelumnya menyurati mereka dengan "ancaman" gentayangan, ternyata datang meminta honor pemuatan puisi dengan kaki masih "menapak tanah". Berikutnya para siswa terperangah saat tahu lima puisi Pipiet muda saat itu dihargai 7500 rupiah. Padahal harga per gram emas saat itu adalah 800 rupiah... Luar biasa sekali.

Bunda Pipiet juga tidak pelit membagi tips untuk bisa sukses merintis karir sebagai penulis: membaca-membaca-membaca, serta menulis-menulis-menulis. Bila konsisten dijalankan, maka kesuksesan juga akan konsisten menghampiri.

No comments:

Post a Comment