Monday, September 2, 2013

Liputan Lapangan "S'Detik" di World Police Band Concert 2013

Anggota marching band Akademi Kepolisian RI 
Hari Minggu, resminya kegiatan sekolah libur. Namun Minggu pagi (1/9), sebanyak 14 siswa SMART EI tersebar di sepanjang ruas jalan MH Thamrin dan Jenderal Sudirman, Jakarta Pusat. Mereka adalah para peserta orientasi liputan lapangan klub Jurnalistik SMART EI, S'Detik, yang telah terpilih untuk menyaksikan dan meliput parade World Police Band Concert 2013 di Jakarta. Ini kegiatan tahunan besar yang diadakan antara lain oleh Mainichi Shimbun, harian terkemuka negeri matahari terbit serta World Police Band Concert Committee. Tahun ini, parade ini adalah penyelenggaraan kedelapanbelas kalinya.

Baru kali ini lho parade ini diadakan di Jakarta. Karena itu klub S'Detik mengirim utusan untuk menjadi mata dan telinga bagi seluruh seluruh civitas akademika SMART EI yang tidak bisa hadir. Empat belas siswa SMP dan SMA ini didampingi oleh ustadzah Vera ("hadir!"), ustadzah Uci dan Ustadzah Retno. Untuk mengambil sudut penulisan dan gambar yang unik, mereka dibagi dalam tiga kelompok. Satu kelompok bersama ustadzah Retno berada di pos Bundaran Hotel Indonesia, kelompok kedua bersama ustadzah Uci bersiaga di depan Sarinah, dan kelompok ketiga yang paling muda dan bersemangat menanti keberangkatan parade di bundaran patung Arjunawiwaha dan air mancur Monumen Nasional.

Kru liputan S'Detik di pos ketiga: Vikram, Ilham, Aziz, Azzam dan Yusuf

Kelompok ketiga ini yang berjalan kaki paling jauh dari pos pertama di Bundaran HI. Tapi rasa lelah tersebut cukup terbayar karena bisa menjadi tim yang menjumpai langsung anggota marching band dari lima negara (Indonesia, Jepang, Vietnam, Korea Selatan, dan Amerika Serikat) saat mereka belum bergerak. Kelima anggota tim juga bisa berfoto bersama anggota marching band pembuka parade, yaitu dari Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN).


Berfoto bersama drummer marching band IPDN
Anggota pasukan marching band IPDN (foto oleh Ahmad Ilham Akbar)

Barisan polisi wanita dari marching band Tokyo Metropolitan Police Department (foto oleh Ahmad Ilham Akbar)
Sekitar pukul 8 pagi, band-band ini mulai bergerak, didahului rombongan tanjidor. Segera kabar keberangkatan disampaikan kepada teman2 di pos lain agar bersiap. Lima anggota tim pos ketiga pun siap dengan sudut2 liputannya. Ada yang mengambil gambar dengan kamera hingga ke jalur pembatas busway, ada yang di tepi jalan saja, ada yang sambil jalan mewawancara panitia kegiatan, dan ada juga yang mengamati para penonton lain sambil duduk di trotoar :p

Hasil liputan para jurnalis muda ini insya Allah akan segera diolah dan dipublikasikan di media kami, yaitu mading DuaBelaSdetik dan buletin S'Detik. Kalau mau baca, datang ke sekolah kami, ya! :p

No comments:

Post a Comment